Jelang Ramadan dan Idul Fitri

Rentan Inflasi, Masyarakat Diimbau Tidak Berbelanja Secara Berlebihan

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Wahyu Purnama mengatakan menjelang Ramadan dan Idul fitri rentan

Rentan Inflasi, Masyarakat Diimbau Tidak Berbelanja Secara Berlebihan
TribunPadang.com /Rizka Desri Yusfita
High Level Meeting dalam rangka menekan inflasi menjelang ramadan dan idul fitri bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (24/4/2019)

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Wahyu Purnama mengatakan menjelang Ramadan dan Idul fitri rentan terjadi inflasi (kenaikan harga).

"Apabila permintaan naik dan meningkat, harga-harga juga akan naik," ujar Wahyu Purnama saat menghadiri High Level Meeting bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumbar, Rabu (24/4/2019).

Menurut Wahyu Purnama, kenaikan harga yang tinggi dapat dihambat dengan berbagai cara di antaranya memastikan ketersediaan pasokan pangan dan kelancaran distribusinya.

Kemudian juga meningkatkan komunikasi efektif yang melibatkan satgas pangan.

"Kita semua perlu mewaspadai kenaikan harga beras, cabe merah, bawang merah, bawang putih, telur ayam ras, daging ayam ras, kelapa, gula dan minyak goreng," jelas Wahyu Purnama.

Jelasnya lagi, untuk menstabilisasi harga pasokan pangan seperti beras dapat dilakukan dengan cara menyediakan beras medium dan premium sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

Hal tersebut membutuhkan koordinasi dengan Bulog untuk operasi pasar.

Sementara, pangan seperti daging dan telur ayam, Wahyu Purnama meminta pelaku usaha untuk menjual daging ayam ras dan telur ayam ras sesuai dengan harga acuan yang telah ditetapkan.

"Apabila harga melebihi harga acuan, maka sebaiknya dilakukan operasi pasar untuk stabilisasi harga," kata Wahyu Purnama.

Halaman
12
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved