Angka Kematian Ibu Tinggi, Ketua POGI Sumbar: Taraf Kesehatan Perempuan Indonesia Memprihatinkan

Berdasarkan persentase secara nasional, kebijakan khusus keberpihakan terhadap penanganan kesehatan perempuan belum maksimal

Angka Kematian Ibu Tinggi, Ketua POGI Sumbar: Taraf Kesehatan Perempuan Indonesia Memprihatinkan
TRIBUNPADANG.COM/RIZKA DESRI YUSFITA
Acara pelantikan pengurus Persatuan Dokter Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Provinsi Sumbar di Hotel Pangeran Beach, Padang Sabtu (20/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Ketua Persatuan Dokter Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Provinsi Sumbar, Dr dr Dovy Djanas SpOG (K-FM) mengatakan, berdasarkan persentase secara nasional, kebijakan khusus keberpihakan terhadap penanganan kesehatan perempuan belum maksimal.

"Taraf kesehatan perempuan Indonesia masih memprihatinkan. Angka kesakitan dan kematian ibu pun tinggi," jelas Dovy Djanas, Sabtu (20/4/2019) di Padang.

Dovy Djanas menyadari kesehatan perempuan merupakan kondisi yang mutlak harus diperhatikan, karena dari perempuan yang sehat akan lahir generasi mendatang yang sehat sehingga mampu menjadi tumpuan harapan bangsa Indonesia.

"Sebagai pengurus baru POGI, tentu banyak tugas yang akan dikerjakan ke depan. Mengawal berjalannya jaminan kesehatan nasional dan menjaga profesionalitas serta kesejawatan adalah tugas utama," lanjut Dovy Djanas.

Hasil Liga Spanyol Atletico Madrid vs SD Eibardalam, Thomas Lemar Cetak Gol Tunggal Menit ke 85

Kondisi Kesehatan Sandiaga Uno Berangsur Membaik, Sudah Terima Telepon Sejumlah Tokoh

Ketua POGI Sumbar berharap semua pihak mampu berkolaborasi dengan segala sektor yang ada.

Baik dalam pendidikan, pengembangan profesi, maupun program pemerintah yang terkait dengan pembangunan kesehatan di Sumbar.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang hadir pada acara pelantikan POGI Sumbar periode 2018-2021 menitipkan harapan besar pada pengurus POGI Sumbar yang baru dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan amanah.

Lebih lanjut Irwan Prayitno menyampaikan, upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan indikator penting yang ingin dicapai melalui kerja sama lintas sektor.

LIVE STREAMING Juventus vs Fiorentina di Bein Sports 3 Malam Ini, Bisa Juga Nonton Lewat Maxstream

Ragam Motivasi Siswa SMAN 1 Padang Menghafal Alquran hingga Sekolah Bisa Luluskan 340 Hafiz

"Kehadiran POGI sangat penting bagi pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan harapan kematian ibu hamil atau melahirkan serta kematian bayi dapat berkurang," ujar Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno mengimbau pihak Puskesmas, Posyandu, Dokter Spesialis Anak serta Dokter Ahli Kebidanan dan Penyakit Kandungan bekerja sama dan berperan aktif dalam mendukung program pemerintah melalui pelayanan kesehatan yang betul-betul profesional.(*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved