Breaking News:

SAH Ranperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Danau Maninjau Sudah Jadi Perda

Perda Zonasi Kawasan Strategis Danau Maninjau bertujaun agar terciptanya keseimbangan lingkungan dan ekosistem di kawasan tersebut.

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: afrizal
TribunPadang.com/RizkaDesriYusfita
Penandatanganan nota kesepakatan bersama OPD terkait, DPRD, dan Wakil Gubernur Sumbar. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Danau Maninjau telah ditetapkan menjadi perda pada Rapat Paripurna, Senin (1/4/2019).

Rapat Paripurna yang dibuka oleh Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim dihadiri 40 orang anggota DPRD Sumbar dan 4 orang izin karena ada tugas.

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim mengatakan Perda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Danau Maninjau bertujuan untuk mengembangkan kawasan Danau Maninjau.

"Baik sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi maupun sebagai kawasan agro wisata yang dapat mendukung pertumbuhan daerah," kata Hendra Irwan Rahim.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, Suwirpen Suib menyampaikan, tujuan dilahirkannya Perda Zonasi Kawasan Strategis Danau Maninjau adalah agar terciptanya keseimbangan lingkungan dan ekosistem di kawasan tersebut.

Jumlah Keramba Jaring Apung di Danau Maninjau akan Dibatasi, Maksimal hanya Ada 6 Ribu KJA

Kepala BNN Heru Winarko Sebut 74 Narkoba Jenis Baru Masuk ke Indonesia, Ada yang Harganya Rp3 Ribu

"Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, Danau Maninjau termasuk danau yang perlu penanganan signifikan.

Adanya kerusakan disebabkan pemanfaatan danau dan kawasan di sekitarnya yang kurang terkendali menyebabkan kondisi ekosistem danau Maninjau mengalami degradasi yang semakin berat," kata Suwirpen Suib.

Perda Zonasi Kawasan Strategis Danau Maninjau, tambah Suwirpen Suib, diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut.

"Diharapkan perda tersebut menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan di lingkungan di kawasan ekosistem danau sehingga pemanfaatan ekosistem danau maninjau selaras dengan pembangunan berkelanjutan yang menjadi pijakan dasar pembangunan nasional," tambah Suwirpen Suib.

Sukseskan Pemilu 2019, PLN Siap Terangi Gedung KPU, Kecamatan hingga Seluruh TPS di Sumbar

Menurut Suwirpen Suib, Danau Maninjau yang terletak di Kabupaten Agam, selain sebagai sumber air minum dan sumber air keperluan sehari-hari, Danau Maninjau juga dimanfaatkan sebagi sumber air baku industri.

"Kemudian sarana transportasi air, energi, irigasi, dan pariwisata," ungkap Suwirpen Suib. (*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved