Breaking News:

Aparat Gagalkan Aksi Terduga Teroris yang Bakal Ledakan Bom Mobil

Terduga teroris Y yang ditangkap di Klaten, Jawa Tengah, bersama dua rekannya berencana membuat bom mobil.

Editor: Emil Mahmud
Tribunnews
ILUSTRASI 

TRIBUNPADANG.COM - Terduga teroris Y yang ditangkap di Klaten, Jawa Tengah, bersama dua rekannya berencana membuat bom mobil.

Kedua rekannya tersebut adalah Husain alias AH, yang ditangkap di Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (13/3/2019), dan P di Lampung, pada Sabtu (9/3/2019).

"Menurut pemeriksaan tersangka, mereka berencana membuat bom mobil," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).

Serangan tersebut menargetkan aparat keamanan. Sementara itu, terkait dana untuk membuat bom mobil, Dedi mengatakan berasal dari Y yang akan menggadaikan rumah dan tanahnya.

Menurut Dedi, mereka telah mengantongi uang sebesar Rp 5 juta yang digunakan sebagai uang transportasi.

"Digunakan Y sama P ke Lampung. Sebenarnya mereka mau berangkat ke Sibolga, tapi belum ke Sibolga (saudara P) ditangkap di Lampung," ungkapnya.

Para terduga teroris ini diduga tergabung dalam satu jaringan teroris Jamaah Ansharut Daullah (JAD) yang berafiliasi dengan ISIS.

Aparat awalnya menangkap P di Lampung, dan diikuti dengan penangkapan Husain alias AH di Sibolga, Sumatera Utara.

Setelah Husain, tim Densus 88 juga menciduk terduga teroris AK alias Ameng dan ZP atau Ogel yang ditangkap di Sibolga, Selasa (12/3/2019).

Polisi juga menangkap terduga teroris R alias S dan M yang ditangkap di Tanjungbalai, Sumatera Utara, pada Rabu (13/3/2019).

Kemudian, pemangkapan dilakukan terhadap YS alias Khodijah yang ditangkap pada Kamis (14/3/2019) sore.

Namun, YS tewas karena diduga bunuh diri dengan cara menenggak zat kimia keras. Aparat menemukan YS dalam kondisi sakit pada Senin (18/3/2019).

Ia diperiksa di rutan Polda Metro Jaya, Jakarta. Setelah pertolongan pertama tidak membuahkan hasil, aparat melarikan YS ke rumah sakit. Akan tetapi, nyawa YS tidak tertolong.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terduga Teroris yang ditangkap di Klaten Berencana Buat Bom Mobil"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved