Jauh Sebelum Penerbangan Menerapkan Bagasi Berbayar, PELNI Sejak 2016 Telah Bebas Bagasi Penumpang

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) PELNI menyatakan bahwa ketentuan bebas bagasi kepada penumpang di PELNI diberlakukan sejak 15 Januari 2016.

Jauh Sebelum Penerbangan Menerapkan Bagasi Berbayar, PELNI Sejak 2016 Telah Bebas Bagasi Penumpang
tribunnews
pelni-siapkan-kapal-km-sabuk-nusantara-66_20181225_215529.jpg 

TRIBUNPADANG.COM - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) PELNI menyatakan bahwa ketentuan bebas bagasi kepada penumpang di PELNI diberlakukan sejak 15 Januari 2016.

Jauh sebelum dunia penerbangan menerapkan bagasi berbayar, jadi tidak benar PELNI ikut-ikutan maskapai penerbangan dan menerapkan bagasi berbayar.

PELNI membebaskan bea bagasi atau free untuk barang bawaan penumpang hingga 50 kg per penumpang yang bertiket ke seluruh rute pelayaran.

Sebagai BUMN transportasi laut dengan pelanggan seluruh lapisan masyarakat ke seluruh Nusantara, PELNI berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Plh. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero) Yahya Kuncoro mengatakan, sesuai peraturan perusahaan tentang bagasi penumpang kapal PELNI, yang disebut dengan bagasi bebas atau cuma-cuma adalah barang bawaan penumpang yang dibebaskan dari biaya, berupa barang jinjingan, dapat diangkat dengan 1 tangan oleh penumpang bertiket dan tidak membutuhkan bantuan orang lain, tidak boleh diseret atau dipikul saat embarkasi atau naik ke kapal.

Martabak Manis Makanan Favorit Pengunjung The Best of Street Food Fiesta 2019

Dakwaan Ratna Sarumpaet Berpotensi Kabur, Jaksa Penuntut Umum Harus Buktikan Unsur Pidana

Setiap barang bawaan yang melebihi ketentuan bagasi bebas sebagaimana ketentuan di atas disebut sebagai over bagasi dan dikenakan tarif over bagasi.

“Bila bagasi melebihi 50 kg akan dikenakan tarif over bagasi”, terang Yahya. 

PELNI sangat toleran dalam menerapkan ketentuan bagasi bagi penumpang karena beratnya hingga 50 kg.

Ketentuan ini hendaknya dapat dipatuhi para penumpang kapal PELNI agar ketertiban, keamananan, dan kelancaran penerapan barang bagasi dapat berjalan sesuai ketentuan sehingga dapat mendukung keselamatan pelayaran.

Ketentuan free bagasi hingga 50 kg untuk menegakkan aturan dan menjamin keselamatan pelayaran.

Halaman
12
Editor: Mona Triana
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved