Semarak TPS Bernuansa Budaya dari Indonesia, China dan India di Kota Padang

Keberadaan tempat pemungutan suara (TPS) unik hendaknya mampu meningkatkan minat warga untuk menggunakan hak pilih.

Semarak TPS Bernuansa Budaya dari Indonesia, China dan India di Kota Padang
TribunPadang.com/Rezi Azwar
TPS bernuasa budaya Cina, India, dan Indonesia (etnis Minangkabau) di Kelurahan Belakang Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada Rabu (17/4/2019). 

Laporan wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Keberadaan tempat pemungutan suara (TPS) unik hendaknya mampu meningkatkan minat warga untuk menggunakan hak pilih.

Seperti dilansir TribunPadang.com, ada TPS berdekorasi sekaligus bernuansa budaya dari tiga negara China, India dan Indonesia (Etnik Minangkabau, Indonesia) berdiri di belakang Pondok, Kecamatan Padang selatan, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (17/4/2019).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Muhammad Sawati mengatakan bahwa Tempat Pemilihan Suara (TPS) unik adalah sebuah kreatifitas petugas setiap TPS untuk menarik masyarakat.

"Boleh-boleh saja, asalkan bukan anggota partai atau caleg yang mendanai," ujar Muhammad Sawati.

Ia mengatakan, kalau KPU menyedialan dana untuk tiap-tiap TPS.

"Misalkan dana itu berlebih, dan mereka mau untuk berkereasi kenapa tidak," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, atau ada salah satu warga yang mempunyai uang berlebih, dengan menggunakan uang pribadinya untuk menghiasi TPS.

"Karena di sini budayanya heterogen, dan kita juga menampilkan petugas di TPS dengan pakaian yang heterogen juga," ujar Lurah Belakang Pondok, Aidil Zulhani kepada TribunPadang.com.

Aidil mengatakan, kalau ia di wilayah Kelurahannya dalah satu TPS mendekorasi dan berpakaian dari Cina, India, dan Minang.

Halaman
12
Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved