Sumbar Film Festival (Surfival) 2019 Kembali Digelar, Taglinenya 'Meminang Nusantara'

Festival film yang diinisiasi Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar Sumbar Film Festival (Surfival) 2019

Sumbar Film Festival (Surfival) 2019 Kembali Digelar, Taglinenya 'Meminang Nusantara'
ISTIMEWA
Kegiatan roadshow Sumbar Film Festival (Surfival) dilaksanakan pada 6 April 2019 lalu di Agrowisata Sawah, Solok, Sumatera Barat (Sumbar). Roadshow Surfival merupakan rangkaian awal hingga puncak acaranya pada Agustus mendatang. 

TRIBUNPADANG.COM - Festival film yang diinisiasi Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar Sumbar Film Festival (Surfival) 2019 yang berskala nasional.

Festival yang telah berlangsung mulai Tahun 2016 turut melibatkan para pegiat film dan komunitas di Sumatera Barat. Pada Tahun 2019, Surfival kali ini mengangkat tagline “Meminang Nusantara”.

Rilis yang diterima Redaksi TribunPadang, Jumat (12/4/2019) menyebutkan agenda Surfival kali ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Derliati selaku Kepala bidang (Kabid) Bagian Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, mengemukakan Surfival 2019 kali ini tetap pada dua kategori yaitu kategori umum dan pelajar.

"Pada kategori pelajar dibuka untuk seluruh pelajar se-sumatera dengan genre fiksi yang akan memperebutkan dua kategori juara yaitu ide terbaik dan pilihan juri dengan durasi film 5-15 menit," papar Derliati.

Dikatakan, kategori umum dibuka untuk film maker seluruh Indonesia dengan genre fiksi dan dokumenter yang akan memperebutkan dua kategori juara. Yakni, pada setiap genre yaitu ide terbaik dan pilihan juri dengan durasi film 15-30 menit.

“Sejak tiga tahun penyelenggaraan, baru tahun keempat kita bisa melebarkan jangkauan peserta. Ini yang membuat Surfival tahun ini berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya. Kami mengundang pada film maker seluruh Indonesia untuk mengirimkan film menceritakan Sumatera Barat” jelas Derliati yang juga selaku direktur festival.

Derliati menambahkan, Surfival merupakan kegiatan tahunan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat bagi sineas-sineas muda untuk berkarya dengan mengangkat pariwisata Sumbar.

Ada delapan pilihan tema yaitu kuliner, seni budaya, kerajinan, fashion, permainan tradisi, arsitektur dan alam.

Mengawali agenda pertama, Kota Solok yang pertama didatangi roadshow Sumbar Film Festival, 6 April 2019 lalu yang bertempat di Agrowisata Sawah, Solok.

Halaman
12
Penulis: Emil Mahmud
Editor: Emil Mahmud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved