Sektor Pariwisata Dianggap sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Barat

Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama pada diskusi ini menyampakaikan, sektor pariwisata bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi di Sumbar.

Sektor Pariwisata Dianggap sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Barat
TribunPadang.com/Nadia Nazar
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Nadia Nazar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Bank Indonesia menyelenggarakan diskusi bertemakan ‘Strategi Penguatan Sektor Pariwisata sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Barat’ pada Kamis (11/4/2019) di gedung Bank Indonesia Sumbar.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama pada diskusi ini menyampakaikan, sektor pariwisata bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat.

Karena menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan eskpor melemah.

"Melihat angka pertumbuhan ekonomi Sumbar yang selama ini mengandalkan ekspor, sektor pertanian dan lainnya, butuh penggerak baru yaitu sektor pariwisata," kata Wahyu.

Menurutnya, Sumatera Barat memiliki laut, danau, pegunungan, punya peternakan sapi, serta alam yang indah yang bisa menarik pertumbuhan ekonomi di Sumbar.

Persib Bandung Berencana Coret Lima Pemain, Dikabarkan Di Antaranya Ada Muhammad Wildan Ramdani

Angin Puting Beliung Landa Padang Saat Hujan Siang Hari, Atap Rumah Melani Diterbangkan Lisus

"Sekarang tinggal mengemas semuanya menjadi sebuah kekuatan baru agar menjadi objek wisata yang dikenal, tidak hanya skala nasional, namun juga dikenal secara internasional," ujar dia.

Wahyu menjelaskan, jika sektor pariwisata sudah maju, hal tersebut nantinya akan mendorong pertumbuhan usaha kecil menengah dan mikro (UMKM) seperti kuliner, fashion, dan lainnya.

Oleh karena itu, kata Wahyu, pengembangan sektor ini nantinya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Ia melihat saat ini perkembangan sektor pariwisata sudah cukup baik ditandai dengan banyaknya kalender iven, dan pesona alam Sumbar yang masih asri.

Halaman
12
Penulis: Nadia Nazar
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved