Tahun 2019 Ini Semua Produk yang Beredar di Indonesia Harus Mepunyai Sertifikat Halal

Semua produk yang beredar di Indonesia harus mempunyai sertifikat halal mulai 2019 ini. Sebelum 2019, sertifikat halal masih bersifat kesukarelaan.

Tahun 2019 Ini Semua Produk yang Beredar di Indonesia Harus Mepunyai Sertifikat Halal
tribunnews
halal-expo-2016_20161021_223802 

TRIBUNPADANG.COM - Semua produk yang beredar di Indonesia harus mempunyai sertifikat halal mulai 2019 ini. 

Sebelum 2019, sertifikat halal masih bersifat kesukarelaan.

Namun, setelah terbitnya Undang-Undang Jaminan Produk Halal, semua produk harus punya lisensi halal. 

Wijaya Saputra Ditanyai Melaney Ricardo Pilih Perawan atau Janda, Jawaban Wijin Bikin Terpingkal

Sebanyak 593.812 Personel TNI dan Kepolisian Siap Mengamankan Pemilihan Umum 2019

"Sesuai UU Jaminan Produk Halal, tahun 2019 ini mulai pemberlakuan mandatori halal. Semua produk yang masuk harus berlisensi halal," kata Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lukmanul Hakim di sela-sela kunjungan ke pabrik jamu Sido Muncul di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (19/3). 

Elektabilitas Prabowo - Sandiaga Uno Naik Signifikan, Ini Tiga Penyebabnya Menurut Litbang Kompas

Lukman mengatakan, lisensi halal bermanfaat, baik bagi konsumen maupun produsen. Produk yang berlisensi halal akan membuat konsumen lebih percaya.

Selain itu, lisensi halal juga membuat produk mempunyai daya saing lebih dibanding produk yang belum berlisensi. "Halal jadi kompetitif dan branding pada produk," katanya. 

Ini Cara Mengetahui Orang yang Sering Melihat Profil WhatsApp, Silahkan Dicoba !

Lukman menjelaskan, MUI telah menjalin kerja sama dengan lembaga terkait di negara-negara di dunia dalam bilang sertifikasi produk halal, dalam hal ini Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO). 

Melalui kerja sama itu, produk-produk yang telah diaudit dan disertifikasi oleh MUI di Indonesia akan secara otomatis bebas masuk pasar di negara-negara organisasi kerja sama Islam (OKI). 

KIPP Sumbar Ajak Elemen Masyarakat Pantau Pemilu Serentak 2019

Sementara terkait kunjungannya ke pabrik jamu, Lukman menyatakan kebanggaannya karena produk kearifan lokal dikemas secara modern dan mempunyai lisensi halal. 

Menurut dia, produk-produk yang berbasis kearifan lokal harus didukung untuk bersaing di pasar internasional, salah satunya melalui perlindungan.

Babak 8 Besar Piala Presiden 2019, Persija Jakarta Menghadapi Kalteng Putra Diprediksi Sengit

"Saya hadir untuk memberi support. Saya jujur terkesima melihat produk kearifan lokal yang dikemas modern. Standar juga sudah internasional," katanya. 

"Ini juga didukung riset dan development, laboratorium kualitas kontrol itu 24 jam. Ini jadi bukti produk tradisional tidak diproduksi main-main, tapi secara serius dengan teknologi," ujarnya. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul MUI Tegaskan Seluruh Produk Wajib Berlisensi Halal di Tahun Ini,

Editor: Mona Triana
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved