Permainan Imajinatif Dapat Dilakukan Pada Anak Mulai Dari Umur 18 Bulan, Seperti Apa?

Berbagai manfaat dari bermain imajinasi pada anak, di antaranya meningkatkan aspek kognitif seperti menyebutkan warna dan membandingkan ukuran.

Permainan Imajinatif Dapat Dilakukan Pada Anak Mulai Dari Umur 18 Bulan, Seperti Apa?
tribunnews
acara-early-learning-centre.jpg 

TRIBUNPADANG.COM -  Berbagai manfaat dari bermain imajinasi pada anak, di antaranya meningkatkan aspek kognitif seperti menyebutkan warna dan membandingkan ukuran.

Kemudian dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dan menambah kosakata si anak serta meningkatkan kemampuan anak dalam mengoptimalkan aspek sosial dan emosional.

Psikolog pendidikan dan pendiri Rumah Dandelion, Binky Paramitha menyebutkan permainan imajinatif dapat dilakukan pada anak mulai dari umur 18 bulan.

“Stimulasi itu bisa dari usia 18 bulan sudah bisa, umur setahun mulai ajak elap-elap, pura-pura nyuapin. Stimulasi libatkan kegiatan sehari-hari nanti dia banyak meniru,” ungkap Binky saat ditemui di acara Early Learning Centre di Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019).

Masih Muda Tapi Rambut Sudah Memutih Alias Beruban? Berikut Faktor Penyebabnya

10 Tahun Berteman dengan Vicky Nitinegoro, Nikita Mirzani Pasrah Andai Berubah Jadi Jodoh

“Aware kalau anak butuh bermain, dan bermain ini bermanfaat pada kognitifnya baik, kosakatanya baik, personal motoriknya sangat keasah,” kata Binky.

Peran orangtua sangat dibutuhkan pada permainan ini karena orang tua bisa lebih banyak memperkenalkan pengalaman-pengalaman baru yang belum pernah dirasakan si kecil,

“Kalau anak yang bermain sendiri inajinasinya hanya muncul apa yang ada dikepala dia, pengalaman dia, pengalaman anak itu kan terbatas karena masih kecil,” ungkap Binky.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Seberapa Pentingkah Permainan Imajinatif untuk Anak-anak?

Editor: Mona Triana
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved