Inilah Sosok Pengusaha Muda Asal Pasaman, Tertarik Bisnis Cuci Sepatu

Sebelum menjadi pengusaha dan menjadi sukses, inilah cerita pengusaha muda yang bisa memotivasi anak muda

Inilah Sosok Pengusaha Muda Asal Pasaman, Tertarik Bisnis Cuci Sepatu
ISTIMEWA/DOK.PRIBADI
Ridho Nirwana 

Laporan wartawan TribunPadang.com, Rezim Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Sebelum menjadi pengusaha dan menjadi sukses, inilah cerita pengusaha muda yang bisa memotivasi anak muda untuk tetap maju.

"Jadi nama usahanya Nirwana Clean, diambil dari nama belakang saya. Saya mengawali usaha cuci sepatu sejak SMA, berlanjut sampai kuliah, dan pada 2012. Saya sudah menemukan kesulitan bagaimana cara perawatan sepatu yang baik dan benar", kata Owner Nirwana Clean, Ridho Nirwana (25), kepada TribunPadang.com di Nirwana Clean jalan Insinyur H Juanda, Flamboyan Baru, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Ia mengatakan, pada tahun itu dirinya melakukan searching ke google dan youtube, belum ada di Indonesia yakni perawatan sepatu di Indonesia pada 2012.

Pada waktu itu, belum ada kepikiran menekuni bisnis kemudian berlanjut pada 2013 bertemu dengan teman-teman yang hobi sepatu.

"Pada waktu itu sama-sama beli Cleaner ke IPB, belinya pinjam kartu kredit teman. Pertamanya, kami coba-coba merawat sepatu sama-sama," kata Ridho Nirwana.

Ia mengatakan, pada waktu itu, ada teman-teman yang tahu, kalau kita bisa merawat sepatu, dan teman itu mengupahkan sepatunya untuk dibersihkan.

"Pada Tahun 2015 baru muncul beberapa brand di Indonesia, dan pada tahun itulah saya kontak salah satu brand cuci sepatu itu", kata Ridho Nirwana.

Ia mengatakan, karena belum ada modal, waktu itu belum kepikiran untuk buka usaha yang serius.

Pada 2017 setelah wisuda, dirinya baru kepikiran untuk membuka usaha perawatan sepatu, karena di kota-kota besar usaha ini sangat maju.

"Karena tidak ada modal, makanya saya bekerja sama dengan orang lain. Namun, karena ada ketidak cocokan dan lain hal, saya keluar dari brand yang sudah saya besarkan. Saya buat Brand baru, yaitu Nirwana Clean", kata Ridho Nirwana.

Ia mengatakan, semua yang berhubungan dengan barang-barang kesayangan bisa dirawat dan diperbaiki di Nirwana Clean.

"Saat ini usaha saya sudah punya cabang lima, di Padang ada dua, Bukittinggi satu, di Pasaman satu, dan Payakumbuh satu", katanya.

Ia mengatakan, awal Maret segera buka cabang di Pekanbaru kemudian di tujuh kota besar lainnya. Di antaranya, di Aceh, Jakarta, Bekasi, Jogja, Palu, dan Kalimantan Barat, Klaimantan Timur, dan ada tiga cabang baru di Sumbar.(

Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved