Kaum Milenial Rentan Terserang Penyakit Hipertensi, Faktor Gaya Hidup Instan

Para kaum milenial harus waspada akan terserang penyakit darah tinggi atau hipertensi. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunj

Kaum Milenial Rentan Terserang Penyakit Hipertensi, Faktor Gaya Hidup Instan
tribunnews
Diskusi Waspadai Hipertensi pada Generasi Milenial xdan launching Konsesus Penatalaksanaan Hipertensi 2019 di Sheraton Gandaria, Jakarta, Jumat (22/2/2019) 

TRIBUNPADANG.COM - Para kaum milenial harus waspada akan terserang penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan, sebanyak 34,1 persen masyarakat Indonesia usia 18 tahun ke atas terkena hipertensi atau naik sebesar 7,6 persen jika dibandingkan dengan temuan data Riskesdas 2013 yang mencapai 2,5 persen.

Pakar hipertensi dr Paskariatne Probo Dewi Yamin menuturkan, tren banyaknya anak muda yang terkena hipertensi dengan 140/90 terjadi karena akibat gaya hidup.

Gaya hidup tersebut diantaranya kurangnya aktivitas fisik yang dilkukan anak muda karena perkembangan teknologi seperti adanya lift atau pun untuk beli makanan kini bisa dilakukan oleh aplikasi.

Inilah Taman IORA Spot Foto Andalan Milenial di Kota Padang, Dijaga Satpol PP Diminati Wisatawan

Kisah 2 Polwan Sumbar Ikut Kejuaraan Selaju Sampan Dayuang Palinggam, Pernah Latihan di Batang Anai

“Gaya hidup yang dimaksud lebih mengarah pada aktivitas fisik berkurang, males naik tangga jadi naik lift, dulu jalan kedpan beli makanan sekarang semua tinggal pakai jempol,” kata dr. Paska saat ditemui di Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).

Kemudian kebiasaan merokok, minum-minuman alkohol, makanan instant dan cepat saji yang banyak megandung MSG atau mecin juga akan meningkatkan hipertensi.

“Dari data Riskesdas yang mengkhawatirkan rokok pada 10-18 tahun meningkat 9,1 persen sekarang, alkohol juga meningkat dari 3 persen jadi 3,3 persen,” tutur dr. Paska.

Penyakit hipertensi ini masuk ke dalam penyakit silent killer karena tidak memiliki tanda-tanda khusus dan biasanya milenial diketahui terkena hipertensi saat melalukan medical check up.

Jokowi Sebut Blusukan ke Kampung Nelayan Berdua dengan Sopir, Ternyata Dikawal Ketat Paspampres

Prakiraan Cuaca Sumatera Barat Sabtu (23/2/2019), Waspada Hujan Disertai Petir di Padang Aro

Pemeriksaan atau deteksi dini sangat disarakankan sebagai langkah pencegahan agar milenial dan masyarakat yang sudah memasuki usia matang tercegah dari penyakit ini.
“Kalau milenial tidak sadar dengan faktor resiko yang ada, maka dapat menimbulkan penyakit berat seperti stroke, ginjal dan jantung,” kata dr. Paska.

Hipertensi pada generasi milenial di Indonesia terjadi pada mereka yang berusia 15-24 tahun mencapai 10 persen dan usia 18-39 mencapai 7,3 persen.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Banyak Milenial Indonesia Mulai Didera Hipertensi Akibat Gaya Hidup yang Salah

Editor: Mona Triana
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved